Home » , » Ciri-Ciri Pemimpin yang Ideal

Ciri-Ciri Pemimpin yang Ideal

Written By MARICA DESA KAYANG on Sabtu, 01 Februari 2014 | 11.22

Ciri-Ciri Pemimpin yang Ideal



Banyak perusahaan terkenal di dunia ini. Mereka terkenal bukan lain adalah karena memiliki sosok pemimpin yang baik. Bukan hanya seluruh perusahaan, tetapi pemimpin tim juga memiliki pengaruh yang besar terhadap perusahaan. Bagaimana sebuah perusahaan atau pun tim dipimpin akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kesukesan atau keberlangsungan tim itu sendiri.  Berikut ini adalah beberapa nilai yang seharusnya dimiliki oleh seorang pemimpin, seperti:
 
1.       Memberikan komitmennya terhadap orang banyak seperti halnya pada pekerjaan adalah kunci pertama. Pemimpin yang baik dapat memberikan waktu untuk membangun perusahaan ataupun timnya, tidak hanya di awal-awal pembentukannya, namun terlebih saat anggota baru bergabung dengan perusahaan atau tim yang sudah ada. Hal tersebut meminimalisir ketegangan antar anggota bawahannya, juga menumbuhkan perasaan merasa dipercaya oleh pemimpin.
 
2.       Keinginan untuk mendukung yang anggotanya. Mendukung dengan memberikan motivasi agar anggotanya memiliki antusiasme dan semangat yang positif. Juga memberikan contoh sosok pemimpin yang baik agar para anggotanya dapat mencontohnya. Hal tersebut juga menghindari pemimpin menjadi diktator.
 
3.       Antusiasme, energi, inspirasi dan kemampuan yang memadai. Dengan memiliki hal-hal tersebut maka para anggotanya tidak akan takut dan segan untuk bertanya apapun yang belum dimengerti dan mendapat berbagai nasihat yang membangun. Semakin sering anggotanya berinteraksi maka semakin ahli dan baik juga anggotanya, tidak hanya pemimpinnya saja.
 
4.       Kerelaan untuk memikul tanggung jawab dan bukan melemparkannya. Setiap kesalahan yang dilakukan anggotanya adalah tanggung jawab setiap pimpinan. Dengan memiliki tanggung jawab yang besar maka para anggota juga akan berpikir untuk meminimalisir kesalahan sehingga tidak membuat repot pimpinannya.
5.       Kemampuan untuk membuat tim bersatu untuk membuat pencapaian lebih dari sekedar yang dilakukan oleh sekelompok individu. Perusahaan membutuhkan sinergi dan kerja sama yang baik. Begitu pula tim, membutuhkan pembagian tugas dan menjalankannya secara tersinkronisasi. Dengan begitu, waktu yang digunakan akan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan.

Untuk melihat contoh nyatanya, sebut saja Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Beliau dapat menjadi contoh yang baik agar para bawahannya menjadi lebih baik. Beliau berani untuk tegas dan langsung melihat ke lapangan. Sangat sedikit pemimpin yang rela dan mau untuk langsung meninjau ke tempat terjadinya bencana dan merasakan perasaan bawahan ataupun warganya.
 
Banyak juga pemimpin yang tidak memiliki nilai-nilai tersebut sehingga tidak cakap dalam memimpin perusahaan maupun kelompoknya. Banyak perusahaan yang collapse dengan berbagai alasan, seperti masalah finansial, tenaga kerja, ataupun peraturan pemerintah. Padahal bila pemimpinnya memiliki kualitas yang baik tidak akan terjadi hal-hal seperti itu. Untuk hal yang buruk tidak perlu diberikan contohnya karena yang buruk itu haruslah dihindari. Pemimpin yang baik tidak pernah mencari alasan atas kegagalannya tetapi selalu mencari cara untuk bangkit dari kegagalan ataupun berubah sebelum gagal.
 
Jadilah pemimpin yang baik dan bijak, baik untuk hal yang besar maupun yang kecil. Jadilah pemimpin untuk diri Anda sendiri sebelum mampu untuk memimpin tim yang lebih besar. Kepemimpinan Anda dapat memberikan kebaikan maupun kesulitan bagi bawahan Anda, oleh sebab itu jadilah pemimpin yang ideal.
Sumber gambar: http://www.ideachampions.com/weblogs/archives/2011/08/1_management_is.shtml
Share this article :

Galery Kepala Desa Kayang Marica

Galery Kepala Desa Kayang Marica
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MARICA DESA KAYANG ALOR NTT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger